Kemarin, Sekarang & untuk Selamanya

Phylum Protozoa

Definisi protozoa adalah hewan-hewan bersel tunggal. Hewan-hewan itu mempunyai struktur yang lebih majemuk dari sel tunggal hewan multiselular dan walaupun hanya terdiri dari satu sel, namun protozoa merupakan organisme sempurna. Karena sifat struktur yang demikian itu, maka berbagai ahli dalam zoology menamakan protozoa itu aselular tetapi keseluruhan organisme dibungkus oleh satu plasma membrane.

Protozoa itu kecil, berukuran kurang dari sepuluh micron dan walaupun jarang, ada yang mencapai 6 milimeter contoh : Ciliata spirostomum sp (3mm) dan sporozoa Porospora gigantean (16 mm).
Protozoa hidup di dalam air tawar, dalam air laut tanah yang lembab atau dalam tubuh hewan lain.

SISTEM PENCERNAAN PROTOZOA

a. Cara makan protozoa yang memiliki mulut yaitu dengan memasukkan makananya melalui mulut kemudian menuju kerongkongan melalui sitofaring dan berakhir pada vakuola makanan (vakuola nonkontraktif). Sebaliknya bagi protozoa yang tidak memiliki mulut, yaitu dengan menelan secara utuh mangsanya melalui permukaan selnya. Sisa-sisa makanan akan dibuang melalui lubang pada ektoplasma.
b. Protozoa yang bersifat parasit akan menyerap makanan (berupa cairan tubuh inangnya) melalui seluruh permukaan tubuhnya.
c. Protozoa yang memakan organism lain yang lebih kecil seperti bakteri, alga disebut holozoik.
d. Jika makanannya dihasilkannya sendiri melalui fotosintesis seperti pada tumbuhan hijau, maka protozoa disebut bersifat haloptik.
e. Protozoa yang makanannya berupa bahan-bahan organic dari isa sisa tumbuhan disebut saprofitik.

Merupakan filum hewan bersel satu yang dapat melakukan reproduksi seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif). Habitat hidupnya adalah tempat yang basah atau berair. Jika kondisi lingkungan tempat hidupnya tidak menguntungkanmaka protozoa akan membentuk membran tebal dan kuat yang disebut Kista. Ilmuwan yang pertama kali mempelajariprotozoa adalah Anthony van Leeuwenhoek.

Dari penjelasan di atas, ciri umum protozoa adalah :
– Merupakan organisme bersel tunggal.
– Memiliki Membran inti (eukariota)
– Habitat hidupnya tempat basah atau berair.
– Reproduksi secara seksual dan aseksual.

PROTOZOA DIBAGI MENJADI 4 KELAS BERDASARKAN ALAT GERAK :

1 Rhizopoda (Sarcodina),
alat geraknya berupa pseudopoda (kaki semu). Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia)yang merupakan penjuluran protoplasma sel. Hidup di air tawar, air laut, tempat-tempat basah, dan sebagian ada yang hidup dalam tubuh hewan atau manusia.Jenis yang paling mudah diamati adalah Amoeba.Ektoamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di luar tubuh organisme lain (hidup bebas), contohnya Ameoba proteus, Foraminifera, Arcella, Radiolaria.Entamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di dalam tubuh organisme, contohnya Entamoeba histolityca, Entamoeba coli.

Amoeba proteus, memiliki dua jenis vakuola yaitu vakuola makanan dan vakuola kontraktil.
Entamoeba histolityca, menyebabkan disentri amuba (bedakan dengan disentri basiler yang disebabkan Shigella dysentriae)
Entamoeba gingivalis, menyebabkan pembusukan makanan di dalam mulut radang gusi (Gingivitis)
Foraminifera sp., fosilnya dapat dipergunakan sebagai petunjuk adanya minyak bumi.
Radiolaria sp., endapan tanah yang mengandung hewan tersebut digunakan untuk bahan penggosok.

2 Flagellata (Mastigophora),
alat geraknya berupa nagel (bulu cambuk).Bergerak dengan flagel (bulu cambuk) yang digunakan juga sebagai alat indera dan alat bantu untuk menangkap makanan.Dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu :

Fitoflagellata Flagellata autotrofik (berkloroplas), dapat berfotosintesis. Contohnya : Euglena viridis, Noctiluca milliaris, Volvox globator.Zooflagellata.

Flagellata heterotrofik (Tidak berkloroplas).Contohnya : Trypanosoma gambiens, Leishmania .

Dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:
• Golongan phytonagellata
Euglena viridis (makhluk hidup peralihah antara protozoa dengan ganggang)
Volvax globator (makhluh hidup peralihah antara protozoa dengan ganggang)
Noctiluca millaris (hidup di laut dan dapat mengeluarkan cahaya bila terkena rangsangan mekanik)
• Golongan Zooflagellata, contohnya :
Trypanosoma gambiense & Trypanosoma rhodesiense.
– Trypanosoma cruzl
– Trypanosoma evansi
– Leishmaniadonovani
– Trichomonas vaginalis

3. Ciliata (Ciliophora),

alat gerak berupa silia (rambut getar)Anggota Ciliata ditandai dengan adanya silia (bulu getar) pada suatu fase hidupnya, yang digunakan sebagai alat gerak dan mencari makanan. Ukuran silia lebih pendek dari flagel.Memiliki 2 inti sel (nukleus), yaitu makronukleus (inti besar) yang mengendalikan fungsi hidup sehari-hari dengan cara mensisntesis RNA, juga penting untuk reproduksi aseksual, dan mikronukleus (inti kecil) yang dipertukarkan pada saat konjugasi untuk proses reproduksi seksual. Ditemukan vakuola kontraktil yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuhnya. Banyak ditemukan hidup di laut maupun di air tawar. Contoh :
Paramaecium caudatum.
• Balantidium coli.

4 Sporozoa,
adalah protozoa yang tidak memiliki alat gerak. Cara bergerak hewan ini dengan cara mengubah kedudukan tubuhnya. Pembiakan secara vegetatif (aseksual) disebut juga Skizogoni dan secara generatif (seksual) disebut Sporogoni.Marga yang berhubungan dengan kesehatan manusia Þ Toxopinsma dan Plasmodium. . Tidak memiliki alat gerak khusus, menghasilkan spora (sporozoid) sebagai cara perkembang biakannya. Sporozoid memiliki organel-organel kompleks pada salah satu ujung (apex) selnya yang dikhususkan untuk menembus sel dan jaringan inang.Hidupnya parasit pada manusia dan hewan.Contoh : Plasmodium falciparum , Plasmodium malariae , Plasmodium vivax . Gregarina.

Jenis-jenisnya antara lain:
Plasmodiumfalciparum
– Plasmodium vivax
– Plasmodium malariae
– Plasmodiumovale Þ malaria ovale

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s