Kemarin, Sekarang & untuk Selamanya

Super Klas Pisces

ikan

Pisces (ikan) hidup di air. Pisces disebut hewan poikiloterm karena suhu tubuh tidak tetap (berdarah dingin), terpengaruh suhu di sekelilingnya. Tubuh terbagi atas kepala dan badan arau kepala, badan, dan ekor. Kulit (cutis) terdiri atas dermis dan epidermis, pada umumnya bersisik dan berlendir. Ada empat macam sisik, yaitu sikloid, stenoid, plakoid, dan ganoid.

Di sepanjang sisi tubuh terdapat titik perasa yang disebut gurat sisi, berfungsi untuk mengetahui arus dan tekanan dalam air. Endoskeleton (rangka dalam) terdiri atas tulang rawan atau tulang sejati. Mempunyai ruas tulang belakang. Mempunyai sepasang rahang, kecuali Agnatha (ikan tak berahang).

Sistem gerak

Alat gerak aktif otot bersegmen yang disebut miotom.Memiliki sirip untuk berenang ,berpasangan atau tunggal .Sirip ekor berfungsi sebagai kemudi .Ada tiga macam bentuk sirip ekor yaitu homoserkus bagian atas  dan bawah simetris ,heteroserkus (bagian atas lebih besar daripada bagian bawah ),dan difeserkus(bagian bawah dan atas simetris,menyatu ke satu titik )Pada sirip juga terdapat rangka adri tulang rawan atau tulang keras yang disebut radialia(jari-jari sirip).
Sistem pencernaan makanan
Pencernaan makanan sempurna :makanan dari mulut →faring→esofagus→usus→anus.Memilki lidah,gigi,dan rahang,kecuali pada Agnatha. Memiliki hati,tetapi lambung hanya merupakan perbesaran dari usus.Pada usus terdapat katup-katup  spiralis.
Sistem pernafasan
Bernafas dengan insang yang memiliki operkulum (tutup insang )dan celah insang sebanyak  4,5,6,7 atau lebih.Gelembung renang berisi O2,N2 ,CO2.dan berfungsi sebagai hidrostatis dan alat bantu pernafasan. Pada Dipnoi (ikan paru-paru) terdapat pneumatosista yang berfungsi sebgai paru-paru jika ikan hidup di lumpur yang mengandung sedikit air.Antara gelembung udara dengan faring dihubungkan oleh duktus pneumatikus.

Sistem peredaran darah

 Disebut peredaran tertutup.Jantung beruang dua: sebuah serambi dan sebuah bilik(ventrikel).Darah mendapat O2 dalam filament-filamen insang.
 Sistem Ekskresi
Memiliki  Pronefron dan mesonefron atau ginjal.Pada agnatha tidak ada system porta ginjal.

 

Sistem indra dan sistem saraf

Memiliki lekuk hidung  dengan saraf pembau ,telinga dalam untuk keseimbangan ,dan mata.Memiliki endokrin penghasil hormone.Otak terdiri atas 5 bagian dengan 10 saraf cranial.

Sistem reproduksi
Kelamin terpisah atau hermafrodit.Fertilisasi eksternal atau internal.Hewan betina memiliki sepasang ovarium dan sepasang oviduk ,ovipar, atau vivipar.
 Kelas Agnatha atau Cyclostomata (ikan tidak berahang)
Sesuai dengan namanya, Agnatha tidak mempunyai rahang. Mulut berbentuk  lingkaran, gigi dari zat tanduk, dan mempunyai lidah. Kulit tidak bersisik, rangka dari tulang rawan, dan jantung beruang dua. Hidup di laut, bernapas dengan insang, dan parasit pada ikan besar, dapat memakan daging hospesnya hingga tinggal kulit dan tulangnya. Pencernaan makana berupa pipa lurus, mempunyai anus, tanpa kloaka. Di Indonesia tidak ada Agnatha, banyak terdapat di Eropa dan Amerika Utara.
Kelas Chondrichthyes (ikan bertulang rawan)
Sesuai dengan namanya, endoskeleton terbuat dari tulang rawan. Mulut dan lubang hidung terletak di bagian ventral, mempunyai lidah dan rahang. Kulit bersisik plakoid dan berlendir. Jantung beruang dua. Hidup di laut, bernapas dengan insang. Mempunyai dua pasang sirip dan sirip ekor yang pada umumnya heteroserkus. Terdapat kloaka, tidak ada pneumatosista.
Kelas Osteichthyes (ikan bertulang sejati)
Sesuai dengan namanya, endoskeleton ikan ini terbuat dari tulang keras. Mulut berahang, bergigi, dan berlidah. Kulit berlendir, bersisik ganoid, sikloid, atau stenoid, atau tidak bersisik. Jantung beruang dua, darah berwarna pucat mengandung eritrosit yang berinti dan leukosit. Ikan ini juga mempunyai sistemlimfa dan system portarenalis. Mempunyai hati yang berkantung empedu. Lambung dipisahkan dari usus oleh sebuah katup, mempunyai kloaka, tetapi tidak jelas adanya pancreas. Terdapat gelembung renang. Mempunyai gurat sisik, indera mata, telinga dalam dengan tiga saluran semisirkuler dan memiliki otolit untuk keseimbangan. Hidup di laut, rawa-rawa, atau air tawar. Bernapas dengan insang yang memiliki tutup insang (oper kulum).
Peranan bagi kehidupan manusia
  1. sumber protein hewani dan vitamin A
  2. Lemak ikan adalah sumber  lemak tidak jenuh
  3. Di California ,Fhilipina,dan srilanka.Sirip ikan cucuct dan Pari dikeringkan dan direbus  Lalu dibuat gelatin untuk penyedap masakan sup.
  4. Bahan kerajinan (sepatu,tas,sampul buku,pelapis kotak) atau bahan ampelas dari perut ikan    cucut yang telah disamak; maka munculah pabrik penyamak kulit ikan
  5. mendorong berdiri pabrik-pabrik pengawetan ikan(ikan asin,ikan dalam  kaleng,pindang,asinan)
  6. Tulang ikan untuk bahan perekat / lem.
  7. Sisa-sisa ikan dibuat tepung untuk pupuk atau makananternak.
  8. ikan sebagai bahan pratikumn atau penelitian demi perkembangan dan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan
  9. Usaha tempat rekreasi dengan tempat pemancingan.
  10. Sebagai sumber mata pencaharian, misalnya dengan budi daya ikan di kolam, tambak, pemijahan ikan hias diakuarium.
Ada pula jenis ikan yang merugikan karena dapat menyerang dan melukai manusia, misalnya ikan pari memilki racun pada ekornya. Ikan cucut sering merusak jarring nelayan. Beberapa ikan besar juga memakan ikan atau Crustacea sehingga merugikan bagi manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s